Cara memperbaiki Bullet dan Numbering pada Template Blogspot



Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tutorial cara Memperbaiki Bullet dan Numbering pada template Custom Blogspot. Artikel ini saya tulis berdasar pengalaman pribadi ketika memakai Custom Template Blogger. Tanpa saya sadari ternyata ada kekurangan yang menurut saya itu adalah dasar, entah ketika saya edit-edit kemudian ada code yang terhapus secara tidak sengaja atau memang dari awalnya sudah bermasalah.

Apa itu Bullet dan Numbering

Bagi seorang penulis, entah itu penulis buku, atau penulis web pasti tidak asing dengan istilah Bullet dan Numbering. Karena fitur tersebut pastinya sangat sering digunakan dan mungkin menjadi fitur pokok dalam membuat sebuah tulisan atau artikel.Bullet yaitu sebuah atribut dari suatu kalimat atau paragraf yang menggunakan Character tertentu. Sedangkan Numbering adalah atribut suatu kalimat atau Paragraf yang menggunakan karakter nomor.

Dalam penulisan pada Artikel, Makalah atau Buku, penggunaan Bullet dan Numbering adalah sebuah tuntutan pokok. Dengan adanya Bullet dan Numbering kita lebih mudah memahami isi dari keseluruhan artikel tersebut.

Penggunaan Bullet dan Numbering

Penggunaan fitur Bullet dan Numbering pada blog atau website adalah pilihan atau mungkin suatu keharusan. Untuk membuat Bullet dan Numbering pada blogspot, bisa menggunakan Toolbar yang ada di menu Compose.

Seperti pada kotak warna merah pada gambar di atas. Numbered List untuk membuat List bernomor sedangkan Bullet List untuk membuat list karakter.
Dengan menu HTML, kita juga dapat membuat Bullet dan Numbered List yaitu dengan cara sebagai berikut.
Numbered List:

<ol>
<li>List 1</li>
<li>List 2</li>
<li>dst...</li>
</ol>
hasilnya seperti ini:
  1. List 1
  2. List 2
  3. dst ...

Bullet List:

<ul>
<li>List 1</li>
<li>List 2</li>
<li>dst ....</li>
</ul>
hasilnya seperti ini:
  • List 1
  • List 2
  • dst ...

Cara memperbaiki fitur Bullet dan Numbbering pada template Blogger

Seharusnya dengan mengetikan kode seperti di atas, maka Nommor dan karakter pada List akan muncul ketika halaman blog kita publish. Tetapi karena pada template blog yang kita pakai terjadi masalah entah karena kesalahan kita sendiri atau bawaan dari awal, jadinya Bullet dan Numbering menjadi bermasalah atau Nomor atau Karakter pada daftar list tidak muncul.

Untuk memunculkan kembali sebetulnya sangat mudah, ikuti panduan berikut.
  1. Masuk ke Dashboard Blogger kamu, kemudian masuk ke Menu Tema / Template.
  2. Cari kode ]]></b:skin>
  3. Copy dan Paste kan kode di bawah ini tepat di atas kode ]]></b:skin>
    
    .post ul,.post ol{margin:20px;margin-top:5px}.post ol li{list-style-type:Decimal;padding-left:1px;margin:5px 0 0 20px}.post ul li{list-style-type:Disc;padding-left:1px;margin:5px 0 0 20px}.widget .post-body ul {padding: 0 1em;margin: 0.5em;line-height: 1.3;}
    

  4. Kemudian Save dan lihat hasilnya. Maka Bullet dan Numbering akan kembali normal

Sangat mudah kan cara memperbaiki fitur Bullet dan Numbering yang hilang pada Template Blogspot. Cukup sekian artikel atau tutorial dari saya. semoga bermanfaat.

0 Comments