Tutorial Submit Sitemap.xml ke Google Webmaster Tool

Tutorial Submit Sitemap.xml ke Google Webmaster Tool

Apa itu Sitemaps?

Sitemap adalah cara mudah webmaster untuk memberi tahu mesin pencari tentang situs mereka untuk di rayapi. Biasanya Sitemap berbentuk file XML yang berisi URL situs dan beserta metadata tentang URL yang kapan terakhir kali di edit atau di perbarui sehingga memudahkan mesin pencari untuk merayapinya.

Biasanya sebuah situs bisa di ketahui para pengguna internat melalui link-link yang tertaut pada situs atau situs lainnya. Tetapi dengan bantuan Sitemaps ini, para pengguna internet dapat dengan mudah menemukan suatu situs tertentu melalui mesin pencarian, meskipun belum tentu juga semua URL dapat terindex.

Sitemaps XML Blogspot

Sitemaps XML membantu mesin pencari mengindeks blog Anda dengan lebih baik. Sitemaps didukung oleh semua mesin pencari utama termasuk Google dan Bing.
Untuk mengexport sitemap ke Google Webmaster sangat mudah. Kalian bisa ikuti panduan dibawah.

Cara #1

Cara yang pertama ini kita akan mengexport file sitemap.xml ke Google Webmaster / Google Search Console. Yaitu, buka Google Search Console kemudian pilih menu Sitemaps. Pada menu Add new Sitemaps, masukkan atau tulis sitemap.xml pada kolom yang tersedia, kemudian klik Submit
submit sitemap.xml

Cara #2

Cara yang kedua ini kita memerlukan URL Feed. URL Feed ini bisa kita dapatkan dengan melakukan Generate XML File melalui Situs labnol.org.
Paste URL blog kamu dengan di awalai http:// atau https:// kemudian klik Generate Sitemap. Bila sudah didapatkan URL feed nya, masukkan URL Feed nya ke menu Sitemap (Seperti cara pertama).
submit sitmap atom

0 Comments