Cara Submit URL ke Google Webmaster terbaru

Cara Submit URL ke Google Webmaster terbaru

Cara Submit URL ke Google Webmaster

Baru-baru ini di beranda Search Console Google Webmaster Tool muncul peringatan bahwa fitur Fetch as Google akan di hilangkan mulai tanggal 28 Maret 2019. Sedangkan kita tau itulah salah satu cara agar halaman atau postingan terbaru kita bisa cepat terindex oleh Google Search atau muncul di pencarian Google.

Padahal tujuan kita membuat artikel di blog salah satunya agar artikel atau postingan tersebut dapat di baca oleh banyak orang melalui internet. Bagaimana orang akan menemukan artikel tersebut sedangkan artikel atau postingan nya tidak ada di mesin pencarian Google?

Sebetulnya dengan mengimport sitemap ke Google Webmaster Tool, artikel atau postingan kita juga akan terindex oleh mesin pencarian Google. Cuman biasanya nunggu beberapa hari baru ke index oleh Google. Di postingan berikutnya akan saya bahas tentang Cara Export Sitemap blogspot ke Google Webmaster Tool.


Search Console Google Webmaster Tool Versi Baru

Search Console Google Webmaster Tool Versi Baru merupakan pengganti dari Google Search Console versi lama, yang mana Google Search Console versi baru ini sangat memudahkan kita untuk melakukan Sumbit URL dan memastikan URL tersebut terindex atau belum.
Disamping itu, ada banyak fitur yang ditawarkan di Google Search Console versi baru ini, diantaranya menampilkan laporan-laporan blog, kinerja, peta situs, AMP , kebergunaan seluler (mobile Friendly) dan lainnya.

Bagi pengguna Template AMP atau Blog AMP, Google Search Console versi baru ini juga dapat di gunakan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan pada postingan yang kita Submit. Karena aturan-aturan yang dipakai AMP ini sangatlah banyak dan bila kita sudah memutuskan untuk menggunakan AMP, maka kita harus patuh pada aturan-aturan yang di buat oleh Google agar Blog kita sempurna. Di lain kesempatan akan saya bahas juga tentang Blog AMP.


Cara Sumbit URL ke Google Search Console versi baru

Untuk melakukan Submit URL ke Google agar cepat ter-index oleh mesin pencarian Google sangatlah mudah sekali, ikuti langkah-langkah berikut.
  1. Pastikan Blog kalian sudah terdaftar pada Google Search Console atau Google WebMaster Tool. Bila belum, lihat disini Cara mendaftarkan website atau blog ke Google Webmaster Tool.
  2. Buka tautan / link ini Google Webmaster Tool versi Baru atau bila masih membuka Search Console versi lama, lihat di atas sebelah kanan ada tombol berwarna biru, Use New Search Console.
  3. Bila halaman Google Search Console baru sudah terbuka, klik menu Inspeksi URL, kemudian Paste alamat atau URL yang akan di Sumbit. Kemudian tinggal klik Enter pada keyboard. Terkadang bisa langsung sukses, kadang juga suruh mengisi gambar Captcha.
  4. Sampai disini sebetulnya sudah cukup, tinggal cek di Mesin pencarian Google, apakah sudah terindex atau belum. tetapi kalian juga bisa mengecek URL tersebut bisa di index atau tidak dengan menggunakan tombol Uji URL Aktif


Cara cek URL sudah terindex di Mesin Pencarian Google

Setelah melakukan submit URL ke Google Search Console, untuk mengetahui apakah URL yang kita sumbit sudah berhasil atau belum sangat mudah. Buka Google.com , pada kolom pencarian ketikan URL atau Judul artikel nya diakhiri site:alamatblog

Contoh: Cara Submit URL ke Google Webmaster terbaru 2019 site:nofantz.com
Cara Submit URL ke Google Webmaster terbaru



0 Comments