Membuat Blog Mudah dan Gratis dari Blogspot untuk Pemula


Cara mudah membuat blog gratis dari blogspot untuk pemula

Membuat Blog Mudah dan Gratis dari Blogspot untuk Pemula


Nofantz.com - Bagaimana cara membuat blog secara mudah dan gratis? Mungkin pertanyaan ini yang pertama kali muncul di benak kita ketika ingin membangun atau membuat sebuah web atau blog pribadi. Bagi para awam, atau yang baru pertama kali membuat sebuah blog atau website, tentu sangat kebingungan dan bertanya-tanya, bagaimana cara membuat web atau blog. Di kesempatan kali ini, admin mencoba memberikan sedikit pengetahuan kepada kalian tentang cara membuat sebuah blog dengan sangat mudah dan gratis dari blogspot.

Mengapa kita harus atau kepingin membuat sebuah web atau blog pribadi, apa manfaat dan keuntungan kita membuat sebuah blog? Seperti admin dahulu ketika muncul keinginan membuat sebuah blog, niat awal hanya ingin mendokumentasikan tentang ilmu pengetahuan yang admin dapatkan agar bisa dijadikan sebuah buku online. Kalo kita menulis di dalam kertas atau buku, mungkin 10 tahun kertas atau buku sudah rusak, bahkan hilang. Sedangkan kalau kita mendokumentasikan atau menulisnya dalam sebuah blog, tentu akan lebih aman. Apalagi kita membuat blog nya di server google. Tentu raksasa internet semacam Google ini dapat kita andalkan dalam menyimpan sebuah data.

Dan manfaat lain bila kita memiliki blog, ketika ada teman atau orang lain yang membutuhkan, kita tinggal membagikan link postingan kita, tidak perlu pergi ke warung foto kopi untuk mengcopy buku kita. Apalagi jaman sekarang ini, kebutuhan internet bisa jadi menjadi kebutuhan pokok masyarakat, karena dengan internet, informasi ataupun ilmu pengetahuan akan lebih mudah kita dapatkan. Dan masih banyak lagi manfaat sebuah blog.

Kemudian, bagaimana kita membuat sebuah blog?


Di pembahasan kali ini, admin akan menjelaskan tentang cara membuat blog dari Blogspot. Blogspot adalah bagian atau produk dari Google. Jadi kita membutuhkan sebuah akun Google untuk mengakses Blogspot ini. Dan saat ini, sebuah akun google dapat di gunakan untuk mengakses semua produk-produk dari google. Seperti Email, Google Drive, Foto, Maps, Youtube, Google Plus dan lainnya.

Jadi, untuk membuat sebuah blog dari blogspot, kita membutuhkan sebuah email google atau Gmail. Saya asumsikan kalian sudah memiliki akun google atau email google, bila ada yang belum memiliki akun google, bisa baca-baca disini tentang cara membuat Akun Google atau Gmail.
  1. Buka website Blogger.com
  2. Klik Tombol Buat Blog
    Cara mudah membuat blog gratis dari blogspot
  3. Login akun google, bila belum memiliki akun google, bisa langsung membuat akun google.
    Cara mudah membuat blog mudah dari blogspot
  4. Jika sudah berhasil masuk ke akun google, langsung masuk ke web blogspot.
  5. Isi bagian Title, sebagai Judul dari blog yang akan kita buat. Kemudian Address, merupakan alamat web blog kita. Misal blog.blogspot.com, dan terakhir kita pilih salah satu Tema yang di sajikan di situ. Jika blog sudah berhasil di buat, kita bisa mengganti tema sesuai keinginan kita. Kemudian klik Create Blog.
    membuat blog dari blogspot
  6. Jika muncul pop up Google Domain, klik No Thanks saja, atau abaikan.
    blog dengan kustom domain
    Google Domain merupakan fitur baru dari google untuk membuat Domain untuk blog baru kita agar terlihat lebih profesional.
    Cara membuat blog dengan blogspot
Sampai disini blog kita sudah jadi, dan siap untuk kita tulis apa yang akan kita tuangkan ke dalam blog tersebut. Agar blog kita terlihat menarik dan lebih profesional, kita dapat mengganti tema atau template bawaan dari blogspot dengan template yang lain. Template atau Tema bisa kita dapatkan secara free atau berbayar. Dan kita juga bisa mengganti alamat domain blogspot dengan domain TLD, agar blog kita terlihat lebih profesional. Domain TLD itu apa? TLD singkatan dari Top Level Domain. Untuk mudahnya, admin contohkan domain .com .net, .or.id, id, dan lain-lain. Seperti blog ini, menggunakan domain TLD dengan nama folderblog.net Demikian Tutorial Cara mudah membuat blog gratis dari blogspot, semoga berguna.

0 Comments