Cara memasang Custom Domain TLD dari Freenom pada Blogspot


Cara memasang Custom Domain TLD dari Freenom pada Blogspot


Di tutorial kali ini akan membahas Cara memasang Custom Domain (TLD) pada Blogspot. Apa itu domain TLD? Domain TLD singkatan dari Top Level Domain. Domain TLD merupakan salah satu Domain di level tertinggi dari system domain name di internet. Untuk lebih simpel nya, saya contoh kan saja, www.nofantz.com . Akhiran dot com ini merupakan Top Level Domain (TLD). Contoh lain dari domain TLD yaitu com, org, net, id, or.id, co.id, dan lain-lain.

Mengapa kita memerlukan untuk memasang custom Domain TLD pada blog kita? Pemasangan Domain TLD pada blog sebetulnya tidak menjadi keharusan ataupun kewajiban, karena dengan domain blogspot.com pun, web blog kita masih tetap dan akan tetap jalan di internet. Kebanyakan orang memasang atau mengganti domain blogspot dengan custom domain TLD yang lain bertujuan agar, alamat blog menjadi lebih menarik, lebih terlihat profesional, lebih meyakinkan pembaca untuk selalu mengunjungi blog kita, dan lain sebagainya.

Dimana kita mendapatkan domain TLD ini? Untuk mendapatkan Domain TLD ini, kita bisa membelinya ke penyedian jasa Domain. Jika menginginkan domain TLD yang gratis, kalian bisa mengunjungi web freenom. Disana menyediakan domain TLD gratis yang dapat kita gunakan untuk mempercantik blog kita. Domain gratis itu diantaranya .tk, .ml, .ga, .gg, dan .cf.

Disini saya akan mencoba membahas, bagaimana cara memasang custom domain TLD dari freenom ke blogspot. Saya asumsikan kalian sudah mendaftar dan memiliki Domain TLD dari Freenom. Jika ada yang belum memiliki domain gratis dari Freenom, silahkan Baca disini: Tutorial cara mendapatkan Domain TLD gratis dari Freenom.

Ikuti langkah-langkah cara memasang custom Domain TLD dari freenom berikut ini:
  1. Masuk atau Login ke Dashbord Blogspot kita.
  2. Klik bagian Setelan - Dasar. Lihat samping kanan, pada bagian Publikasi atau Alamat Blog.
  3. Klik tulisan "+ Siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda" .
  4. Pada setelan domain, isi domain yang telah di buat di Freenom dengan menyertakan www di depannya. kemudian klik  Save. Sehingga nanti akan muncul seperti gambar di bawah.
  5. Langkah selanjutnya, kita harus login ke Client Area dari Freenom.
  6. Setelah berhasil Login ke Freenom, klik pada menu Services - My Domain. Di situ terdapat domain yang tadi kita buat.
  7. Kemudian pilih Domain yang akan kita pasang pada Blog kita.
  8. Klik pada bagian Manage Domain
  9. Klik Manage Freenom DNS
  10. Selanjutnya Add Record dan isi bagian Name dan bagian Type ubah menjadi CNAME.
    Lihat Gambar.
  11. Kemudian klik Save Change
  12. Tambahkan lagi IP  Google dengan mengklik  More Records sebanyak 4 IP dengan mengisi pada bagian Target. Kemudian klik Save Changes
    216.239.32.21
    216.239.34.21
    216.239.36.21
    216.239.38.21
    Lihat Gambar:
  13. Kemudian kembali ke Dashbord Blogger lagi. Klik Edit pada Alamat Blog. Centang Alihkan namadomain.com ke www.namadomain.com, kemudian Save


Sampai disini, pemasangan custom domain untuk blog sudah selesai. Tunggu beberapa saat, agar semuanya tersinkron dengan baik. Demikian Tutorial Singkat Cara memasang Custom Domain TLD dari Freenom pada blogspot. Semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat.


0 Comments